Terbaru :

Ganti Kampas Rem Vario (Tips Standar)


ManiakMotor-Konstruksi kampas rem belakang bebek dan matik seperti Honda Vario sama saja. Cuma untuk mengganti komponennya pada Vario perlu trik yang beda. Itu biasa, setiap merek dan tipe pasti urutannya lain. Di roda belakang Vario terdapat part transmisi otomatis alias CVT. Pun begitu tak perlu bingung, kalau bingung pegang kepala saja brosist.  

Nah, tips ini juga obat bingung. Resepnya diluarkan  Zupriono, teknisi bengkel SMK Panca Bhakti. Dia coba memandu untuk menuntaskan respnya. Katanya, rem Vario dicek pada  permukaan kampas. “Biasanya diukur pakai sketmat ketebalaannya, spesifikasi 2 mm, dibawah itu berarti sudah saatnya diganti,”terang teknisi yang sempat bekerja di PT AHM ini.

Gejala yang sering timbul akibat keausan pada kampas rem selalu diiring bunyi lebih dulu dan pasti kurang pakem.  Harga kampas rem baru Vario orisinal  Rp. 41 ribu dan  KW sekitar Rp. 27 ribu. Langsung siapkan alat macam  kunci T10, ring 14, ring 12, shock 22. Eit, sering baca tips portal ini, udah mulai punya kunci-kunci sendiri kan bro?

Gimana, makin pintar praktek sekarang ya?Mantap…Mari lanjut, posisikan motor dengan standart tengah. Cari  tempat yang cukup lapang. Jika sampeyan punya anak kecil, untuk sementara disuruh jaga sama ibunya. Takutnya dia asal pegang barang-barang. Nah, barang-barang ini harus punya wadah sendiri, agar tidak berceceran dan mudah didapat saat dipasang kembali. Ingat kehilangan satu alat akan memperpanjang jam perkerjaan dan malah menudanya.

Mongggo kenalpotnya dilepas terlebih dahulu, tentunya bukan dengan komat-kamit bimsalabim akan copot sendiri. Lepas 3 baut pengikat kenalpot dengan T10 dan ring 14. Tapi ingat, jangan lepas kenalpot saat masih panas ya bro, waduh! Setelah dilepas, jangan asal naruh, tapi letakkan di tempat yang aman, juga tiga baut yang dicopot tadi ditaruh dalam wadah khusus.

Ukur ketebalan kampas, di bawah 2 mm sudah harus ganti

“Berikutnya lepas mur roda dengan sok 22, kendurkan baut setelan rem," Terang Zupri santai. Ya, pasti kalem doi mekanik bro, tak perlu keluar keringat banyak kalo sekedar tips standar beginii. Ente?Gak papa keringat itu tandanya  sehat. Nah, setelah itu tinggal lepas roda belakang.   

Bila roda sudah terlepas, tinggal buka satu demi satu komponen roda hingga kampas rem-nya terlepas juga. Seperti penjelasan di atas, cek kondisinya bila harus ganti, ya lembiru aja. Mencopot kampasnya sangat mudah, tinggak melepas dari hub-nya dan pegas peregangnya. Justru yang rada keringatan soal urutan di atas tadi. “Terakhir pasang kembali komponen tadi, dengan urutan terbalik juga setel ulang mur penyetel dengan jarak main bebas 20-30 mm,” tutup Empi, sapaan akrabnya

Sumber : maniakmotor.com
Share this article :
 
Copyright © 2010. Pamer Motor - All Rights Reserved
Publish By Travel Web Desain