Terbaru :

Honda Tiger (Banjarnegara), Street Fighter Pakai Radiator...!


ManiakMotor– Buritan nungging, sasis pendek, tangki bagian atas membubung, bodi-bodi yang menyiku konsisten plus kaki-kaki yang kekar. Yess, terus apa maksudnya?  Itu adalah ciri street fighter (SF). Orang bule menemukannya dalam karya modifiksi. Lalu diperbaharui pabrikan moge. Terus, produsen motor kecil juga latah. Biasa itu, mirip model rambut.

Sama dengan Honda Tiger lansiran 1995 ini, rangka buritannya dipotong 20 cm dan dinaikkan 30o. Sengaja dibikin begitu, agar aura SF bisa didapat dengan penempatan cover atau boks alias bodi buntut yang sekaligus jok bertingkat.  

“Bodinya hanya memainkan fiberglass yang konturnya kosisten siku-siku. Termasuk tangki,”  kata Agung Nugroho Setyawan alias Wawan dari rumah modifikasi One Brutallle Modification (OBM) di Banjarnegara, Jateng.

Konstruksi sasis belakang itu juga ada hubungan dengan dua kenalpot di bawah kolong jok (under tail) yang pura-pura moge. Kedua cabang silincer bisa nongol di situ. Tanpa itu, silincer akan terlalu dekat dengan roda. Itu pun bodi buritan harus  ‘tipis’. Menipisnya bodi belakang, justru dinamis yang sama dengan manis lah.  

Pakai radiator, bro...
Alunan, eh, ritme modifikasi SF yang siku-siku ini merambat pada konstruksi lengan ayun. Maklum, lengan ayun buatan sendiri. Jadi bisa disesuaikan dengan fitur buritan nungging dan bodi. Perhatikan baik-baik siku-siku lengannya, seragam dengan seluruh bodi yang tampil SF. Itu makin jelas lantaran suspensi belakang monosok.  

Sokbreker depan yang up-side down dibuat lebih tinggi, untuk mengimbangi buritan yang nungging. Katanya sih, dengan teknik ini sokbreker depan berfungsi dengan baik. Sebab, ini motor setiap saat dipakai turung komunitas OBM. “Makanya pijakan kakinya tetap di depan mesin, ergonomik untuk perjalanan jauh,” terang Wawan seperti ahlinya SF dari Eropa. Pokoknya, soal SF dia fasih bangat menerangkannya. Pabrikan sih ‘putus’ soal promosi SF.

Demi SF yang seolah-olah moge, silakan lacak di Google kalau ada Tiger 2000 yang dilengkapi  radiator.  Ya, mungkin hanya SF ijo ini. Bagian bawah motor jadi besar. Belum lagi tambahan engine guard, sirip-sirip, dan airscoop yang mengarahkan angin ke radiatori. “SF moge di Eropa yang buat turing umumnya pakai radiator. Saya pakai radiator Ninja 150, tapi sayang belum berfungsi,” kekeh modifikator yang punya style rambut vokalis band ini.
Sumber : maniakmotor.com

Wkwkwkw... Ardel
Share this article :
 
Copyright © 2010. Pamer Motor - All Rights Reserved
Publish By Travel Web Desain